Revolusi Industri 4.0

 

Tergantung pada siapa Anda bertanya, Konotasi ini mewakili perubahan mendasar dalam sektor manufaktur global atau hanya jargon kosong yang dibuat oleh perusahaan PR raksasa? Tidak mengherankan, kebenaran ada di antara keduanya.  “Apakah itu sebuah Jargon? Iya. Apakah itu hanya sebuah Jargon?

Jangan salah, sektor manufaktur memang berada di tengah-tengah perubahan besar, meskipun hasil akhirnya masih jauh dari pasti.

Untuk memahami apa itu Revolusi Industri 4.0, kita harus memahami sejarah perkembangan Industri dari tahun 1784 sampai era revolusi Industri 3.0.

Sejarah Singkat Revolusi Industri

 

Dari revolusi industri pertama (mekanisasi melalui air dan tenaga uap) ke produksi massal dan jalur perakitan menggunakan listrik di revolusi kedua.

Revolusi industri keempat melanjutkan apa yang dimulai pada revolusi Industri ketiga dengan adopsi komputer dan otomasi dan meningkatkannya dengan kecerdasan Artificial Inteligentdan sistem otomatisasi yang didorong oleh kumpulan data dan pembelajaran mesin.

“20 tahun setelah krisis keuangan Global, saya berbicara dengan Avatar pribadi saya, Alfred. Dia mengurus semua pengembalian pajak saya sementara kemajuan di AI telah memaksa Akuntan untuk memangkas bisnis mereka dengan fokus pada penyediaan layanan klien yang lebih strategis.”

 

Bagaimana ini mungkin ketika hari ini saya hanya dapat memberikan satu kalimat permintaan kepada AI Amazon Alexa atau Siri, produk AI Apple? 

Alexa adalah BOT generasi awal, Alfred akan menjadi BOT generasi masa depan menggunakan Generative Adversarial Networks(GANs), jaringan dengan memori untuk belajar tanpa pengawasan menggunakan bahasa alami dengan interfacepercakapan (Medium, 2017). 

Secara teknologi, lompatan 10 tahun dari 2018 hingga 2028 akan sangat besar. Selama waktu itu beberapa elemen dunia kita akan berubah tanpa bisa dikenali sementara yang lain akan secara tetap atau secara konstan mengecewakan. 20 tahun lalu, kembali pada 1998 kita berada di masa-masa awal internet, bekerja di bilik dengan komputer yang tebal dan ditenagai oleh Windows 95. Tidak ada ponsel layar sentuh atau TV layar datar; orang-orang menertawakan gagasan membaca buku elektronik, dan kita masih menonton film rumahan yang berbentuk kaset VCR yang kikuk dan besar. 

Jadi, seperti apa dunia kita sebenarnya 20 tahun dari sekarang? Apa yang akan terjadi di masa depan untuk makanan yang kita makan, teknologi yang kita gunakan dan rumah yang kita tinggali? Akan sangat menarik jika semua kehidupan kita akan digantikan dengan – pil makanan, mobil terbang, dan pangkalan di bulan.

Dunia pada 2038 mungkin semua akan di operasikan oleh AI yang lebih cerdas dan lebih otomatis. Kehidupan yang kita kenal sekarang mungkin sudah akan sangat jauh berbeda. Apakah kita sudah siap secara mental maupun fisik untuk berubah?

Industri Kesehatan akan menggunakan biosensor swa-monitor dan jam tangan pintar untuk terus mengumpulkan data kebugaran; aplikasi web akan menganalisa data, menyinkronkan ke catatan kesehatan elektronik. Dengan menggunakan angka-angka ini, perusahaan kesehatan akan dapat membangun model kesehatan Anda secara keseluruhan yang dapat memprediksi masalah di masa depan. Memperingatkan pasien untuk dapat mengambil tindakan lebih awal, mengubah kebiasaan gaya hidup atau menggunakan obat-obatan yang dirancang khusus yang disesuaikan dengan DNA masing-masing.

Film Metropolis (1927), menggambarkan di mana batalion pekerja yang cemberut cenderung bekerja bersama mesin dalam shift sepuluh jam yang mematikan pikiran. Sebagian pekerjaan akan digantikan dengan AI, seperti pengemudi taksi digantikan oleh mobil Uber yang bisa mengemudi sendiri; resepsionis digantikan oleh robot; dokter dikalahkan oleh algoritma yang dapat dihubungkan ke database medis yang luas; dan agen perjalanan dihabisi oleh layanan web perencanaan perjalanan, pemesanan penerbangan.

Jelas, akan ada juga pekerjaan baru yang diciptakan: insinyur / mekanik komputer yang memperbaiki taksi Uber yang bisa mengemudi sendiri; programmer; pemetaan genom dan bioengineer; pemandu wisata ruang angkasa; dan petani vertikal. Teknologi akan terus mengganggu bisnis dan menghilangkan pekerjaan, menciptakan profesi baru yang belum dapat kita bayangkan. 

Produktivitas tidak lagi diukur dengan duduk di meja. Tidak ada jam kerja dari jam sembilan sampai lima. Tidak ada pekerjaan seumur hidup.

Ada tiga hal yang pasti: teknologi akan menjadi lebih kecil, lebih cerdas, dan lebih murah.

Faktanya, teknologi akan menjadi sangat kecil, pintar dan murah sehingga kita dapat memasukkan komputer dan sensor ke dalam hampir semua hal – lemari es akan memberi tahu kita ketika kita kehabisan susu, sampah akan memberi tahu dewan ketika mereka penuh , 4K televisi akan melihat ketika kita berhenti menonton dan mematikannya untuk menghemat daya.  Kami berada di jalan menuju Internet of Things(IoT), di mana semuanya terhubung, tidak hanya ke internet tetapi juga satu sama lain.

Bisnis yang tidak merangkul AI akan akan semakin lama semakin obsolit dan akan hilang. Manusia dan robot AI akan menjadi rekan kerja yang beradaptasi setiap menit dengan lingkungan data yang berubah dengan cepat. Pada 2028 tidak ada yang bisa bertahan sendirian, bisnis adalah tentang menempatkan pelanggan sebagai pusat perhatian. Cara pelayanan yang cepat, terintegrasi dan terpercaya dengan sistem pelanggan dapat monitor langsung dan mengontrol langsung yang akan menjadi pilihan.

 

“saatnya untuk kunjungan triwulanan ke pabrik. Taksi tanpa pengemudi Anda menurunkan Anda di depan sebuah gedung industri besar. Anda masuk ke dalam pabrik masa depan dan melihat … apa?”

Revolusi industri keempat membawa otomatisasi proses manufaktur ke tingkat yang baru dengan memperkenalkan teknologi produksi massal yang dapat disesuaikan dan fleksibel. 

Ini berarti bahwa mesin akan beroperasi secara mandiri, atau bekerja sama dengan manusia dalam menciptakan bidang produksi yang berorientasi  pada “Customer” dan akan secara terus menerus memperbaiki diri, Industrial Internet of Things (IIoT).Mesin akan menjadi entitas independen yang mampu mengumpulkan data, menganalisisnya, dan memberi nasihat “best Practise”.

 

Keuntungan:

Optimalisasi: Mengoptimalkan produksi adalah keuntungan utama bagi Industry 4.0. Pabrik Cerdas yang berisi ratusan atau bahkan ribuan Perangkat Cerdas yang mampu mengoptimalkan sendiri produksi akan menghasilkan Zero Down timeatau tidak ada waktu  produksi yang tidak menghasilkan. Ini sangat penting bagi industri yang menggunakan peralatan manufaktur mahal seperti industri semi-konduktor. Mampu memanfaatkan produksi secara konstan dan konsisten akan menguntungkan perusahaan. (Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh PwC)

Kustomisasi: Menciptakan pasar yang fleksibel yang berorientasi pada pelanggan akan membantu memenuhi kebutuhan populasi dengan cepat dan lancar. Ini juga akan menghancurkan celah antara produsen dan pelanggan. Komunikasi akan berlangsung antara keduanya secara langsung. Pabrik tidak perlu berkomunikasi secara internal (di perusahaan dan pabrik) dan secara eksternal (dengan pelanggan). Ini mempercepat proses produksi dan pengiriman.

Tenaga Kerja Ahli: Penerapan teknologi Industry 4.0 akan mendorong penelitian di berbagai bidang seperti keamanan IT dan akan memiliki efek pada pendidikan khususnya. Industri baru akan membutuhkan seperangkat keterampilan baru. Akibatnya, pendidikan dan pelatihan akan mengambil bentuk baru yang menyediakan industri seperti itu akan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan.

Tantangan:

Keamanan: Mungkin aspek yang paling menantang dalam menerapkan teknik Industri 4.0 adalah risiko keamanan IT. Integrasi online ini akan memberikan ruang bagi pelanggaran keamanan dan kebocoran data. Pencurian cyber juga harus dipertimbangkan. Dalam hal ini, masalahnya bukan individual, tetapi dapat, dan mungkin akan, biaya uang produsen dan bahkan mungkin merusak reputasi mereka. Oleh karena itu, penelitian dalam keamanan sangat penting.

Modal: Transformasi semacam itu akan membutuhkan investasi besar dalam teknologi baru yang tidak terdengar murah. Keputusan untuk melakukan transformasi semacam itu harus berada pada level CEO. Meski begitu, risiko harus diperhitungkan dan ditanggapi dengan serius.

Ketenagakerjaan: Walaupun masih berspekulasi tentang kondisi ketenagakerjaan dengan adopsi Industri 4.0 secara global, aman untuk mengatakan bahwa para pekerja perlu memperoleh keterampilan yang berbeda atau sama sekali baru. Ini dapat meningkatkan  lowongan pekerjaan tetapi itu juga akan mengasingkan beberapa pekerja yang jenis pekerjaannya berulang yang menghadapi tantangan dalam mengimbangi industri. Berbagai bentuk pendidikan harus diperkenalkan, tetapi masih tidak menyelesaikan masalah untuk bagian pekerja yang lebih tua. Ini adalah masalah yang mungkin perlu waktu lebih lama untuk diselesaikan dan akan dianalisis lebih lanjut.

Kerahasiaan: Ini tidak hanya perhatian pelanggan, tetapi juga produsen. Dalam industri yang saling terhubung seperti itu, produsen perlu mengumpulkan dan menganalisis data. Bagi pelanggan, ini mungkin terlihat seperti ancaman terhadap privasinya. Ini tidak hanya eksklusif untuk konsumen. Perusahaan kecil atau besar yang belum pernah membagikan data mereka di masa lalu harus bekerja dengan lebih transparan. Menjembatani kesenjangan antara konsumen dan produsen akan menjadi tantangan besar bagi kedua belah pihak.

 

Industry 4.0 jelas merupakan pendekatan revolusioner untuk teknik manufaktur.

Konsep ini akan mendorong produsen global ke tingkat optimasi dan produktivitas baru. Tidak hanya itu, pelanggan juga akan menikmati tingkat baru produk secara “Personalised” yang mungkin belum pernah tersedia sebelumnya.

Sebagaimana disebutkan di atas, imbalan ekonomi sangat besar.  Namun, masih ada banyak tantangan yang perlu ditangani secara sistematis untuk memastikan transisi yang lancar. Ini perlu menjadi fokus perusahaan besar dan juga pemerintah. Tantangan mengenai privasi, keamanan, dan lowongan pekerjaan membutuhkan lebih banyak analisa, tetapi gambaran keseluruhannya sangat menjanjikan. Industry 4.0 benar-benar sangat revolusioner.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *