Ubah Katamu, Ubah Hidupmu

Sering kali kita mendengar kalimat tersebut tapi sangat jarang orang memahami arti sesungguhnya.

“Bahasa membentuk perilaku kita dan setiap kata yang kita gunakan dijiwai dengan banyak makna pribadi. Kata-kata yang tepat yang diucapkan dengan cara yang benar dapat membawakan cinta, uang dan rasa hormat, sementara kata-kata yang salah – atau bahkan kata-kata yang tepat tapi diucapkan dengan cara yang salah – dapat menyebabkan peperangan. Kita harus hati-hati mengatur kalimat kita jika kita ingin mencapai tujuan kita dan mewujudkan impian kita” – Dr. Andrew Newberg, Words Can Change Your Brain

 

Sepanjang sejarah manusia, para pemimpin besar telah menggunakan kekuatan kata-kata untuk meng-transformasi emosi kita, membawa kita kedalam perjuangannya, dan membentuk takdir. Dari Winston Churchill sampai Martin Luther King, Jr. Dari Pidato Bapak Negara RI, Soekarno sampai lagu Indonesia Raya, kita sangat menyadari bahwa nilai hidup manusia terbentuk dari kata-kata – dan dapat diubah dengan kata-kata. Tapi bagaimana dengan kemampuan yang kita miliki dalam diri kita untuk menggunakan kata-kata untuk memicu perubahan, untuk mendorong diri kita untuk maju, dan untuk meningkatkan kualitas hidup kita?

Kita semua tahu kata-kata memberi kita wahana untuk mengungkapkan dan berbagi pengalaman kita dengan orang lain. Tapi tahukah Anda bahwa kata-kata yang biasa Anda pilih juga mempengaruhi bagaimana Anda berkomunikasi dengan diri sendiri dan oleh karena itu apa yang Anda alami?

 

Selama 10 tahun terakhir, saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan banyak orang dan saya telah mengamati secara langsung kekuatan dengan mengubah hanya satu kata kunci dalam berkomunikasi dengan seseorang dan mencatat perubahan perasaan yang terjadi secara langsung terhadap orang tersebut, dan perilakunya. Dan saya dapat memberitahu Anda bahwa hanya dengan mengubah kosakata kebiasaan Anda – kata-kata yang Anda gunakan secara konsisten untuk menggambarkan emosi – Anda dapat mengubah cara berpikir Anda, perasaan Anda, dan hidup Anda.

 

Inilah kekuatan yang saya sebut Kekuatan Kosakata – dengan sadar menggunakan kata-kata Anda untuk meningkatkan kualitas hidup Anda hari ini dan untuk mengubah hidup Anda dalam jangka panjang.

 

Mungkin Anda berpikir “Aaahhh, pusing amat, hidup itu sudah digariskan Tuhan!” Ya memang, tetapi juga ada tertulis “Mintalah, maka akan diberi kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat……”

Tuhan Allah selalu menginginkan kita meminta yang terbaik untuk hidup kita, dan DIA akan memberikannya kepada kita. Maka mintalah dengan kata-kata yang diucapkan dengan benar. Karena semua kata-kata yang kita ucapkan adalah DOA dan pasti akan terwujud.

 

Tidak sulit melihat dan merasakan dampak yang diciptakan kosakata saat orang lain berbicara kepada kita. Misalnya, jika seseorang berkata kepada kita, “Saya pikir Anda salah paham,” versus, “Saya pikir Anda SALAH,” versus, “Anda berbohong,” apakah Anda memiliki respons biokimia perasaan yang berbeda dengan kata sederhana itu?

Proses yang sama terjadi dengan kata-kata yang kita gunakan dalam diri kita, tapi sayangnya, kita kurang sadar akan dampaknya.

 

Menyadari itu, saya kemudian memperhatikan kata-kata yang muncul setiap saat dipikiran saya, terutama saat saya mengalami hal-hal yang tidak sesuai rencana atau perkiraan.

Kesempatan pertama saya dapatkan saat saya tiba di hotel jam satu pagi, dan saya harus mulai coaching di salah satu perusahaan besar pada jam 8 pagi itu dan menunggu di meja resepsionis hotel selama 10 menit sementara petugas mencari nama saya di komputer dengan kecepatan seekor siput.

Saya mulai frustrasi dan merasakan kemarahan saya mulai naik, dan akhirnya saya berpaling kepada petugas itu, dan berkata, “Saya tahu ini bukan salah Anda, tapi saat ini saya kelelahan. Dan saya benar-benar perlu kamar yang sudah saya pesan, jika Anda dapat segera menemukan nama saya karena saya mulai merasa ‘kecewa’.”

 

Hanya mengganti kata “Marah/ Kesal” dengan kata “kecewa” dengan sendirinya mengubah nada suara saya dan membuat keseluruhan situasi tampak bodoh. Petugas itu menatapku dengan senyuman kecut dan saya balas dengan senyum.

Walaupun terkesan konyol dan sederhana, pergantian kata yang demikian sederhana dalam kosakata saya sendiri, menghancurkan pola Marah saya. Emosional Gunung berapi yang terbentuk di dalam diri saya langsung dingin.

change your life phrase handwritten on school blackboard

 

Dan apakah itu berdampak kepada Petugas Hotel tersebut, “Ya” dan “Sangat” karena jika Anda bergerak dibisnis jasa, Anda tidak ingin pelanggan Anda “Kecewa”. Secepat kilat Petugas itu mengambil kunci dari kamar yang sudah tersedia dan memberikan kepada saya.

 

Mungkinkah sedemikan mudah? Hanya dengan mengubah kata-kata yang biasa kita gunakan dalam menggambarkan emosi kita, bisakah kita mengubah pola perasaan kita dan karenanya kualitas hidup kita? Saya memperhatikan kosakata yang saya pergunakan setiap hari selama satu bulan dan apa yang saya dapatkan, sangat jauh dari ekspektasi, ini adalah pengalaman yang mengubah hidup. Bukan berarti tidak ada saat-saat ketika Anda merasa kesal atau marah, tapi bukankah menyenangkan jika Anda mendapati Anda secara sadar memiliki pilihan untuk marah dibandingkan Anda menjadi korban sebuah reaksi kebiasaan?

 

Inilah yang saya temukan: Jika Anda ingin mengubah hidup Anda, jika Anda ingin dapat mengambil keputusan dan tindakan yang tepat, mengubah pola emosional Anda adalah kuncinya.

Coba pikirkan, berapa kali dalam hidup Anda, karena emosi, Anda melakukan banyak hal bodoh dan juga yang Anda sesalkan di kemudian hari?

Jika saat Anda bahagia dan santai apakah tindakan dan keputusan yang Anda ambil akan sangat berbeda dengan saat Anda marah dan gelap mata?

 

Salah satu alat mendasar yang bisa mengubah pola emosional Anda lebih cepat adalah dengan sadar memilih kata-kata yang akan Anda gunakan untuk menggambarkan perasaan Anda.

Kekuatan Kosa Kata

Kekuatan Kosakata ini memberi Anda kekuatan untuk mengubah pengalaman hidup Anda dengan mengambil perasaan paling negatif dan menurunkan kadar intensitasnya ke titik di mana mereka tidak lagi mengendalikan Anda. Hal ini juga dapat digunakan dengan pengalaman positif dan meningkatkannya ke tingkat kesenangan yang lebih tinggi lagi. Mengubah perasaan Anda menjadi super happy.

 

Jika Anda ingin mencoba dan mengujinya dalam pengalaman hidup Anda sendiri, jalankan proses ini selama tiga puluh hari, Anda akan tahu itu benar. Seperti apa hidup Anda jika Anda bisa mengendalikan semua emosi negatif Anda dan menurunkan intensitasnya secara konsisten? Dan seberapa besar perubahan dalam kualitas hidup Anda jika Anda bisa meningkatkan setiap pengalaman/ perasaan positif yang pernah Anda alami?

Apakah hidupmu akan berubah selamanya?

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *